11 Kunci membunuh Stres

Setiap orang merasakan stres akibat hal tertentu. Namun stres tersebut harus bisa segera diatasi. Sebab membiarkan stres menggerogoti tubuh akan berdampak pada kesehatan.
Seperti sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Rochester School of Medicine, penderita stres juga cenderung memiliki berat badan berlebih. Sementara penelitian lain dari Tel Aviv University menemukan bukti kalau stres berhubungan dengan diabetes tipe 2.
Lantas apa yang bisa dilakukan sebelum stres mempengaruhi kondisi kesehatan? Coba simak sebelas kunci ampuh membunuh stres seperti yang dilansir dari My Health News Daily berikut ini.

1. Yoga

Yoga bukan cuma menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal dan fleksibel, tetapi juga menurunkan level stres dan inflamasi yang Anda alami.
Inflamasi merupakan respon imun yang bermanfaat, misalnya ketika tubuh mengalami infeksi. Namun inflamasi berlebihan berkaitan dengan penyakit kardiovaskular, asma, dan depresi.

2. Tidur

Selain membuat wajah tampak segar, tidur cukup juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan membantu menurunkan stres. Hal itu diungkapkan oleh para ahli dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC).
Sayangnya, stres dan masalah kurang tidur biasanya menjadi siklus tak berujung. Misalnya, stres di siang hari sering membuat seseorang terjaga di malam hari. Sehingga keesokan harinya stres akan semakin parah.
Untuk menghindari siklus stres dan kurang tidur, pastikan Anda beristirahat selama tujuh jam di malam hari.

3. Terapi

Anda bisa berkonsultasi dengan psikiater untuk membicarakan penyebab stres atau kecemasan yang Anda alami. Dengan berkonsultasi, Anda akan mendapat masukan yang terpercaya dari ahlinya.
Terapi ini memang bertujuan untuk membantu pasien yang kerap berpikir atau merasakan hal-hal negatif di sekelilingnya. Setelah terapi, pasien diharapkan bisa mengubah pola pikirnya menjadi lebih positif.

4. Bergerak

Salah satu alasan kenapa olahraga bisa membunuh stres adalah karena aktivitas ini menurunkan hormon cortisol. Seperti yang telah diketahui, cortisol merupakan hormon yang dikeluarkan saat seseorang merasa stres. Misalnya ketika Anda sedang cemas, marah, atau takut.
Aktif bergerak ampuh membakar cortisol, sehingga Anda akan lebih sehat dan gembira. Demikian yang disampaikan oleh Debbie Mandel, penulis buku Turn On Your Inner Light: Fitness for Body, Mind and Soul.
Jangan menganggap olahraga sebagai aktivitas yang berat. Anda cukup jalan kaki 10 menit tiga kali sehari dalam seminggu.

5. Meditasi

Berbagai penelitian telah menyebutkan manfaat dari meditasi. Misalnya, meredakan stres, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit, bahkan mencegah stres yang kambuh kembali.
Misalnya, penelitian dari Emory University menyebutkan kalau meditasi Zen yang fokus pada pengaturan pernapasan bisa meredakan gejala hiperaktif.
Ada banyak teknik dari meditasi. Anda bisa melakukannya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

6. Tertawa

Pepatah lama mengatakan tertawa adalah obat yang paling baik. Hal itu ternyata benar jika Anda sedang mengalami stres.
Sebuah penelitian dari Loma Linda University menemukan kalau orang yang menonton video lucu mengalami penurunan hormon stres dalam tubuhnya. Mereka juga mengalami peningkatan endorphin, hormon yang memperbaiki suasana hati dan membunuh stres. Dan satu lagi, bertambahnya hormon pertumbuhan yang memicu produksi sistem imun.
Tertawa tidak hanya bisa mengurangi stres, tetapi juga membantu Anda mengontrol rasa sakit fisik. Sebab tertawa meningkatkan rasa toleransi terhadap rasa sakit dengan merangsang keluarnya hormon endorphin.

7. Waktu cemas

Menunda rasa cemas juga bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi stres. Hal itu disampaikan oleh para peneliti dari Penn State University.
Jadi Anda bisa membatasi diri sendiri untuk bisa cemas dan stres selama 30 menit saja dalam sehari di waktu tertentu. Jadwal ini juga membuat Anda semakin mahir mengontrol emosi dan mampu berpikir positif lebih lama.

8. Jangan mengeluh

Mengeluh akan masalah yang Anda alami sepertinya bisa meredakan perasaan buruk. Tetapi penelitian ternyata membuktikan hal sebaliknya. Sebab rupanya berkoar-koar tentang masalah dan mengeluh pada orang lain tidak akan membuat Anda membaik.
Daripada menceritakan hal buruk, lebih baik Anda membicarakan hal-hal menyenangkan dan bersifat humoris. Situasi tersebut akan mengalihkan Anda dari kondisi stres yang Anda alami

9. Pijat

Mendapat pijatan bukan cuma membuat tubuh lebih rileks, namun juga mempengaruhi kadar hormon. Melalui sebuah penelitian, seseorang terbukti menurunkan kadar hormon cortisol dalam tubuh saat dipijat. Selain cortisol hormon vasopressin yang dipercaya berperan dalam perilaku agresif seseorang juga berkurang setelah dipijat.
Penelitian tersebut dilakukan oleh para ahli dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles

10. Jurnal

Menulis jurnal bisa memberi berbagai manfaat pada Anda, demikian menurut para ahli dari National Institutes of Health (NIH). Jadi saat Anda merasa sedih atau stres, menceritakan situasi Anda dalam sebuah tulisan akan membuat Anda lebih mampu mengontrol dan menganalisis keadaan. Anda bahkan bisa mendapat pandangan baru untuk menyelesaikan masalah.
Kemudian dengan membaca tulisan lama dalam jurnal, Anda bisa saja mengetahui pola stres yang dialami. Dari situ Anda bisa menentukan apa yang harus diubah untuk mencegah stres kembali datang.

11. Berpelukan

Oxytocin atau hormon cinta juga bisa menurunkan stres yang Anda alami. Berbagai penelitian bahkan sudah membuktikan kalau hormon ini memang ampuh meredakan stres dan rasa cemas.
Tubuh biasanya secara otomatis memproduksi hormon oxytocin selama bercinta, melahirkan, dan menyusui. Namun hormon ini juga bisa muncul saat Anda dan berpelukan mesra dengan orang yang Anda sayang. Bahkan bermain dengan anjing juga bisa meningkatkan kadar oxytocin, demikian menurut penelitian dalam jurnal Hormones and Behavior.

Semoga Bermanfaat Bagi Anda yang Membaca ^^


0 komentar to "11 Kunci membunuh Stres"

Posting Komentar

Thx For Reading^^

Terima Kasih untuk Mengunjungi Blog Saya Semoga Bermanfaat ^^. Diberdayakan oleh Blogger.

About This Blog

Korean name

My Korean name is Shin Ki Wan.
Take Korean Name Generator today!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.

Entri Populer

Translate

About Me

Total Pengunjung Blog

Followers

Web hosting for webmasters