10 Sumber Kolesterol baik bagi tubuh

Pada dasarnya kolesterol dibagi menjadi dua jenis, LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik.
Makanan yang digoreng kering biasanya mengandung kolesterol jahat yang cukup tinggi dan sebaiknya dihindari. Sementara kolesterol baik bersifat seperti penyaring, menurunkan dan mengolah kembali kolesterol jahat.
Kolesterol baik penting untuk menyeimbangkan kesehatan. Jadi cobalah untuk makan lebih banyak sumber kolesterol baik bagi tubuh seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.


1. Oat

Makanan berserat seperti oat mampu membantu penurunan kadar kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Maka dari itu jangan ragu menikmati oat sebagai menu sarapan sehat sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Kacang

Berbagai jenis kacang, seperti kenari, almond, dan yang lain yang rasanya asin memang tidak sehat. Oleh sebab itu pilih jenis kacang tanpa rasa tambahan.
Kacang kaya akan asam lemak tak jenuh yang juga berfungsi menurunkan kolesterol jahat. Kacang pun mampu memberikan energi pada tubuh. Nikmati kacang sebagai makanan kecil yang menyehatkan setiap hari.

3. Omega-3

Salmon, sarden, mackarel, tuna, dan beberapa jenis ikan lain kaya akan omega-3. Omega-3 ini bukan cuma membantu penurunan kadar kolesterol jahat, tetapi juga mengurangi risiko tekanan darah.

4. Minyak zaitun

Beberapa makanan yang dimasak dengan minyak zaitun terbukti lebih menyehatkan. Pasalnya minyak zaitun mengandung antioksidan yang memerangi kolesterol jahat. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mulai sekarang menggoreng atau mengolah makanan dengan minyak zaitun bukan?

5. Gandum

Hampir sama seperti oat, gandum juga merupakan salah satu sumber makanan berserat tinggi. Makan gandum akan membantu Anda mengontrol kadar kolesterol baik dalam darah. Gandum bisa ditemukan dalam produk roti.

6. Biji rami

Tekstur biji rami sangat menarik dan membuat makanan memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dari biasanya. Mengenai kandungan nutrisinya, biji rami kaya akan serat dan omega-3. FUngsinya adalah membantu untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

7. Yogurt

Bakteri pada yogurt mengandung enzim yang mampu melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, yogurt juga kaya akan kolesterol baik. Jadikan yogurt sebagai makanan ringan yang menyehatkan setiap hari.

8. Sayuran

Beberapa jenis sayur seperti brokoli, kubis, wortel, kecambah, labu, dan kentang juga ampuh mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Lagipula sayuran tersebut juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah pentingnya dan dibutuhkan oleh tubuh.

9. Buah-buahan

Pisang, pir, apel, alpukat, dan buah berry kaya akan kalsium, antioksidan, dan serat. Sebagai manfaat tambahan, buah-buahan tersebut juga ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara untuk jus buah, jeruk adalah jenis yang terbaik untuk memberi energi, menyegarkan, dan menyehatkan tubuh.

10. Cokelat hitam

Terakhir, sumber kolesterol baik bagi tubuh adalah cokelat hitam. Ingat, semakin gelap cokelat, semakin baik pula kandungan nutrisinya. Jadi jangan takut gemuk makan cokelat asalkan Anda makan secukupnya dan sesuai aturan.

Semoga Bermanfaat ^^










0 komentar to "10 Sumber Kolesterol baik bagi tubuh"

Posting Komentar

Thx For Reading^^

Terima Kasih untuk Mengunjungi Blog Saya Semoga Bermanfaat ^^. Diberdayakan oleh Blogger.

About This Blog

Korean name

My Korean name is Shin Ki Wan.
Take Korean Name Generator today!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.

Entri Populer

Translate

About Me

Total Pengunjung Blog

Followers

Web hosting for webmasters